Selasa, 17 Mei 2011

Nostalgia CnC

Hi, bloggers! Setelah lama nggak ngeblog (gara-gara keseringan maen game), gue kepikiran buat ceritain tentang game lama yang bagus dan sering gue mainin akhir-akhir ini.
Berhubung penulis blog ini adalah fan-nya game RTS, maklumi sajalah...
game yang gue maksud itu adalah :

Command & Conquer Generals
Cncgen-win-cover.jpg


Game ini bersetting di dunia sekarang ini, dengan sedikit senjata yang agak futuristik, beberapa lokasi juga ngayal, tapi tetep nggak bikin game ini membosankan.
Gameplaynya amat sangat biasa saja sekali!(hiperbolik biar nggak terlalu biasa). Cuman bikin bangunan, ngambil resource, bikin pasukan, terus suruh maju. Menang atau kalah tergantung difficulty atau mood (kalo bosen sengajain kalah). Resource-gathering juga sangat biasa! Hanya suruh gatherer ke supply dock, terus mereka bawa balik, selesai. Pasukannya, lagi-lagi, biasa saja.
Faksi yang ada di game ini ada 3. USA dengan senjata hitechnya. China dengan barang agak canggih, kuat tapi harga murah (dibanding USA). Yang terakhir adalah Global Liberation Army (GLA), sekelompok teroris dengan senjata murah. USA dan PLA (China) butuh listrik untuk menjalankan pangkalannya, GLA tidak. USA dan PLA pake dozer untuk membangun pangkalannya, di GLA ada budak yang melakukannya (sekaligus sebagai resource-gatherer). Sudah bisa membayangkan kelebihan dan kekurangannya?
Membuat pasukan di game ini juga benar-benar biasa saja. Barracks untuk membuat infantry, Factory untuk kendaraan dan Airfield untuk pesawat (kecuali GLA).
Sekarang pertempurannya. Unit di game ini bergerak TANPA formasi. Selain itu, beberapa pasukan tidak bisa menyerang sambil berjalan. Jadi, kalau infantry sedang berjalan, lihat-lihat apakah ada kendaraan musuh yang akan lewat sambil "menawarkan tumpangan", karena mereka nggak akan menyerang. Belum lagi tidak ada stance (Agressive, Defensive, Stand Ground). Jadi, kalau pasukan musuh yang serangannya melebihi jangkauan pasukan, mereka TIDAK AKAN membalas, sampai mati.
Walaupun gameplaynya menyebalkan, game ini masih gue bilang bagus (lah kok?). Nggak bisa diterangkan dengan kata-kata. Coba mainkan dan rasakan keanehannya! (btw gue udah bilang ini game jadul kan?)


Posting sejak ini dan seterusnya akan menggunakan bahasa yang lebih acak-acakan. Maafkan author.

Tidak ada komentar: