Rabu, 01 Juni 2011

Kode embed


Sebagai seorang yang masih mempelajari dasar-dasar web developing, penulis juga belajar salah satu tag HTML yang namanya "embed". Untuk itu, penulis ngambil contoh dari kode embed dari media player punya Indowebster.




<embed allowfullscreen="false" flashvars="file=http://www13.indowebster.com/3fa2f34e197b7c6de4b8b2387ea51980.mp3 &amp;frontcolor=0x000000&amp;backcolor=0x000000 &amp;lightcolor=0x000000&amp; logo=http://www.indowebster.com/templates/img/idws.png &amp;autostart=false&amp; usefullscreen=false&amp;showeq=true" height="100" menu="false" pluginspage="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer" src="//www.indowebster.com/templates/object/mediaplayer.swf" type="application/x-shockwave-flash" width="450" wmode="transparent"></embed>
Kata "embed" ada di paling depan sebagai bukti kalo dia yang punya tag (maksud gue ininamanya tag embed).

"allowfullscreen" untuk menentukan apakah objek tersebut ditampilkan satu layar penuh atau nggak.

"Wmode" itu menyatakan bagaimana caranya flash ini nongol di browser. Isinya bisa "window" buat bikin window baru,  "opaque" yang artinya objek ini bakal menutupi halaman di belakangnya, dan "transparent" yang, sesuai namanya, membuat objek transparan. 

"flashvars" ,atribut yang ini buat Adobe Flash Player

di dalem flashvars ada "file", ini sumber lagu/video yang dimainkan. Disini contohnya lagu Photograph (Nickelback) di IDWS

"autostart". Kalo true, medianya bakal diputer langsung ketika selesai diload. Kalo "false", medianya bakal diputer kalo user klik tombol play.

"showeq" untuk menampilkan equalizer.

"width" sama "height" untuk menentukan lebar dan tinggi objek.

"src",atribut ini udah pada tau kan? Source atau sumber file flash(animasi) yang ditampilkan kayak gimana. Di contoh ini pake playernya indowebster.

Segitulah yang penulis tau. kalo salah tolong beri masukan.

Tidak ada komentar: