Rabu, 04 Mei 2011

Total War, Again

Alhamdulillah, setelah sekian lama menunggu, akhirnya bang Keenan Ario minjemin juga 3 DVD mulia Total War Shogun 2. Akhirnya setelah bersedia menunggu install yang lamanya setengah hari (lebay deh), gue mainin dan dapet inspirasi buat menulis post ini.



Total War: Shogun 2
Shogun 2 bertemakan tentang konflik di Warring States (wilayah Jepang di abad 17an). Jadi, pasukan-pasukan di film game ini bersenjatakan pedang dan panah tapi beberapa juga sudah ada yang pake kembang api senapan. 

Gue mulai cerita hari ini (cie elah) dengan Campaign Singleplayer selama 5 turn pake salah satu clan/faction yang tersedia. Gameplay game ini sama dengan seri Total War yang lain. Campaignnya menggambarkan situasi politik yang nyata dan mungkin hampir membingungkan orang yang tidak mengerti politik dan akuntansi. Peta Campaign Shogun 2 di setting di wilayah jepang zaman Shogun masih berkuasa, jadi ada beberapa clan yang saling berperang untuk mengambil alih kekuasaan Shogun. Politik memang busuk. Ada penyogokan, tawaran dengan ancaman bahkan pembunuhan lawan politik. Jangan lupa, clan di game ini adalah bisnis keluarga, jadi berdoalah agar anak yang menjadi calon pemimpin clan agar berkompeten.

Bagian inti dari game ini adalah mode pertempuran. Ribuan pasukan yang terbagi menjadi beberapa grup saling berpesta pora di tengah medan pertempuran sambil berharap bisa pergi darisana hidup-hidup. Kontrol seri Total War memang mudah dimengerti dengan interface sederhana, jadi pemain berasa menonton atau bahkan menyutradarai film perang kolosal. Sayangnya, ada sedikit kekurangan, AInya berasa kurang menantang. Dipancing sedikit ke dinding benteng, habislah mereka dilalap panah atau dicabik satu persatu saat menanjak dinding. Atau pancing saja ke hutan lebat untuk disergap pasukan yang sudah menunggu. Tapi, taktik cemerlang di game ini masih diperlukan buat difficulty Hard ke atas.

Sekarang masuk ke spesifikasi. Seperti biasa, semenjak Empire, seri Total War punya grafis yang bagus dan realistis dengan bayaran sedikit bug dan permintaan Hardware monster. VGA 1GB itu pas-pasan, Prosesor DualCore itu megap-megap, RAM 2GB itu ngos-ngosan. Loading yang sangat lama, sampai-sampai nunggu startupnya bisa sambil dengerin 3 track mp3. Loading campaign 1 track dan loading battle 1 track. Sempet ketiduran pas pertama kali buka game ini, tapi abis itu tersenyum melihat cinematic yang halus...

Kesimpulannya, baiknya beli game ini kalo spesikasi komputer anda mencukupi. Yaitu untuk minimum (baca: pas-pasan)

  • Prosesor Dual Core 2GHz (ya ini minimum)
  • RAM 1GB (buat Dx9 alias XP) atau 2GB (buat Dx10 keatas alias Vista dan 7)
  • VGA 256GB (yang ini minimum harus Shader Model 3 yang bisa Dx9.0c)
  • Harddisk 20GB
Buat recommendednya (baca: agak ngelag tapi lancar)
  • Prosesor Intel i5 680 atau AMD Phenom II 955
  • RAM 2GB (buat XP) atau 4GB (buat Vista/7)
  • VGA  yang bisa Dx11
  • Harddisk 20GB
Download link menyusul...

Tidak ada komentar: