Selasa, 05 November 2013

The Man Who Won't Move

Seperti yang orang tau, anak kuliahan itu identik dengan kosan. Ane juga sebagai pelajar pendatang wajar-wajar saja kalo ane ngekos di Bandung.

Lokasi kosan ane bisa dibilang cukup jauh dari ITB, relatif terhadap kosan teman-teman seangkatan yang umumnya di Cisitu, Pelesiran, Taman Hewan, Tubagus Ismail, Dipatiukur yang semuanya radii nggak melebihi 2 km dari kampus. Sedangkan kosan ane kira-kira 5 km dari kampus.

Jarak yang relatif lebih jauh ini sering jadi pertanyaan temen-temen. Kenapa nggak pindah ke yang lebih deket sama kampus?

Mari kita lihat apa saja kira-kira kekurangannya yang dipertanyakan.

1. Biaya angkot gimana, fath? Kalo jauh kan mahal.
2. Kalo mau balik gimana, fath? Kan jadi males kalo udah di kampus.
3. Nggak takut telat?

Inilah alasan ane kenapa bersikeras tinggal disini
1. Biaya nginep per bulan
Kita runut dulu, kenapa awalnya ane bisa nyampe di kosan ini. Di hari pengumuman hasil SNMPTN Tulis, 6 Juli 2012, ketika liat pengumuman dan disuruh ke Bandung pada tanggal 12 Juli 2012 (alias seminggu setelah pengumuman), jelas bingung. Nggak ada keluarga di Bandung. Bakal dimana gue tidur nanti?

Sebagai pertolongan pertama, ane dan Abi ke mantan kosannya Abi pas jaman-jaman S2 dulu, di Dago agak ke atas. Tepatnya di wilayah Perumahan Dosen Unpad, Bukit Dago. Persis di belakang hotel The Jayakarta. Oh, ternyata masih ada satu kamar, dan ibu kosnya (teh Yun), bersedia ngasih nanti setelah kamarnya dicat. Itu berarti baru bisa ditempati setelah satu bulan. Akhirnya setelah negosiasi, keluarlah deal seharga 500 ribu rupiah per bulan untuk sebuah kamar 3 x 3 meter yang terang dengan cahaya matahari, berisi ranjang+kasur, lemari+meja dan kursi, ditambah laundry, sama air minum plus pemandangan sunrise dari balik gunung yang indah setiap pagi. Selama nunggu kamarnya siap, ane nginep di rumah murabbi ane jaman SD di Andir selama 2 minggu (pas masa-masa OSKM).

500 ribu dengan fasilitas segitu sih buat ane ya murah. Apalagi dibandingin dengan biaya kosan di wilayah sekitar ITB. No regret.

Tapi... beberapa bulan kemudian (Oktober 2012), teh Yun menghubungi Mami untuk "renegosiasi harga". Waduh, Mami pasti deg-degan. Mau naik berapa? Tak disangka, teh Yun merasa kasihan sama ane dan berniat buat nurunin biaya kosan jadi 450 ribu per bulan .-. Makin kerasan lah disini, hahaha.

2. Biaya angkot
Oke, kita lihat moda transportasi yang bisa dipertimbangkan buat ane bolak-balik kampus-kosan. Motor? Dilarang ortu. Mobil? Ah, semuanya dipake ortu. Helikopter? Mahal nyewa pilotnya. Angkot? Sure, why not?

Trayek angkot yang menghubungkan perum dosen Unpad itu ada Kalapa-Dago sama St.Hall-Dago. Dua-duanya yang warna ijo. Kalo di Simpang Dago kadang lurus terus lewat ITB atau belok lewat Unpad DU. Biaya buat ke ITB? Sebelum kenaikan BBM sih 1500 sampe 2000. Setelah kenaikan BBM jadi 2000-2500 rupiah. Sama dengan dari Tubagus-Gerbang SBM atau angkot ungu dari Cisitu. Kalo ane tinggal disana sih pasti bolak-balik kampus jalan kaki. Sehat badan, sehat kantong.

Selain itu, jalur dari kosan ke kampus itu hanya lewat jalan raya yang lurus. Kalo itu jalan Juanda kosong, mungkin pencinta Need For Speed bakal pake jalan itu buat Drag session.
Dilihat dari jalurnya, dapat dibuktikan bahwa walau pake jalur yang mencong a la Google Maps error pun ane masih bisa sampe ke gerbang depan dalam waktu 10 menit.



3. Temperatur kamar
Lokasi Bukit Dago yang sesuai namanya, di atas bukit, itu strategis ga hanya untuk hotel tapi juga buat tempat tinggal yang nyaman. Kenapa? AC alami di tengah malam itu bisa bikin temperatur kamar ngedrop jadi tinggal 18°C. Berhubung ane suka dengan kondisi adem pegunungan seperti ini, bikin makin kerasan aja.

4. Mencegah telat
Loh kok bisa? Rumah jauh mencegah telat?
Ya, bisa. Ini hasil observasi ane selama SMP dan SMA. Orang-orang yang rumahnya jauh dari sekolah ane (e.g. Cibubur, Depok) itu biasanya datengnya pagi-pagi, jam 6an. Sedangkan orang-orang yang tinggalnya deket kayak di komp. Kopassus, Cijantung, Kalisari, malah banyak yang datengnya telat. Ini mungkin efek "wah, jalan ke sekolah lama dan rawan macet, gue harus berangkat pagi-pagi biar ga telat" dan efek "ah, sekolah deket, paling jalan bentar juga nyampe, entar aja lah berangkatnya". Itulah alasannya kenapa ane bertahan di kosan ini justru untuk mencegah diri ane terlena oleh "berangkat-entar-aja" dan terus terpacu untuk berangkat mendahului macet.

5. Jadi jarang pulang
Ini adalah alasan kenapa draft post ini diberi judul "LDR dengan kamar". Kosan yang jauh jelas bikin orang males buat bolak-balik. Tapi itu adalah suatu keuntungan. Bayangin kalo ente lagi musim sibuk, sering rapat, terus males. Jadinya tinggal balik ke kosan, abaikan semua SMS itu dan tidur dengan nyenyak. Wow, ga produktif, bro. Atau kuliah sampe jam 11, kuliah selanjutnya jam 14. Ah, ngantuk, terus pulang, molor...
- Udah ga shalat di masjid, ketiduran pula -_- Bahaya
- Belom pula risiko nggak bangun jam 14 nya. Lewat dah tu kelas. Jadinya absen. Sayang kan ngurangin jatah absen?
- Belom lagi hilang pula kesempatan bersosialisasi bersama teman-teman dengan makan siang bareng atau belajar bareng.
- Ditambah lagi bolak-balik kosan-kampus itu rawan banget terjadinya ngaret, sesuatu yang sangat dibenci setiap peserta rapat.

Makanya menurut ane harusnya di index SWOT, tempat tinggal yang dekat dan nyaman dari tempat kerja itu jadi Threat yang harus dieliminasi.

Sadar atau tidak, keberadaan kita di tempat-tempat orang membutuhkan kita itu penting. Rapat bisa gagal kalo orangnya nggak ada. Janji bisa batal kalo orangnya ga dateng-dateng. Kalo keseringan absen saat dibutuhkan, orang-orang bakal ngerasa diri ente nggak penting buat mereka. Apa yang ane tekankan disini bukanlah "nginep di kampus itu keren" atau "kampusku rumahku". Inti sebenarnya adalah jangan cepat-cepat pulang kalau masih ada banyak tugas yang bisa diselesaikan. Kalau sudah selesai, baru silahkan pulang, istirahat. Ane sendiri manusia biasa, kalo mau istirahat juga pulang. Tapi ane pulang kalau semua tugas yang membutuhkan keberadaan ane sudah selesai dan tidak perlu bantuan ane lagi. Tempatkan fokus sesuai porsinya.

Masalah yang muncul akibat "LDR dengan kamar".

Akhir-akhir ini, di masa pembinaan anggota baru IMMG, kamar kosan itu jadi sesuatu yang jarang didatangi. Kasur jadi dingin, di atas lemari banyak semut yang lagi operasi merampok telur-telur cicak. Jelas, kondisi yang turun dibanding sebelumnya. Butuh perjuangan ekstra buat mengembalikan ke kondisi awalnya. Tapi, balik ke masalah tadi. Jarang pulang, mau kapan ngeberesinnya? :/

Kalo LDRnya terlalu lama, muncul juga sedikit perasaan kangen. Kangen dengan kasur empuk dan selimut hangat. Kangen dengan sambutan matahari pagi dari balik bukit. Kangen dengan duduk di angkot, sibuk sendiri dengan hape. Kangen main game. Kangen ngemil sambil ngakak-ngakak sendiri di kosan gara-gara baca yang lucu-lucu di internet. Kangen nonton TV. Kangen nggletak di kasur sampe siang. Kangen meringkuk di dalam selimut. Sesimpel apapun itu, kangen suasana kosan.




Lokasi kosan yang jauh dari kosan mungkin adalah satu-satunya alasan yang menyebabkan ane malas pulang ke kosan. Tapi situasi LDR dengan kamar ini membuat ane lebih siap sedia untuk kerja lembur. Mungkin suatu hari nanti kemampuan ini bisa berguna. Ane rela melakukan semua ini karena ane tau, setelah semua kesibukan ini berakhir, ane merasakan sesuatu yang pernah disebut oleh Imam Syafi'i. "Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang"

Dari semua paparan alasan yang sudah disebutkan tadi, ane menyatakan untuk tidak pindah dari kosan ini sampai ada kondisi baru yang cukup kuat untuk mendepak ane dari kamar ini. Lulus S1 misalnya?

Tidak ada komentar: