Minggu, 18 September 2011

Egois -> Ngaret

Kenapa penulis kali ini menulis judul yang kek begitu? Yah, saking gak ada idenya buat nulis apa-apa, dan kebetulan saking keselnya sama sifat manusia yang satu ini, jadilah penulis sekonyong konyong gerakkan jari ke keyboard buat nulis post ini.

Egois, adalah sifat manusia yang menyebalkan dan bikin kesel manusia lainnya untuk kepentingan diri sendiri.
Dugaan penulis, sifat ini muncul dari mekanisme primitif manusia untuk survival atau keselamatan diri dan teramplifikasi (cakelah bahasanya) menjadi sifat baru yang sungguh sungguh menyebalkan untuk manusia disekelilingnya yang sudah berevolusi menjadi makhluk sosial. 

Salah satu penampakan sifat egois yang sering muncul di Indonesia adalah ngaret. Ngaret, adalah kecenderungan manusia egois untuk datang ke tempat yang dijanjikan tapi terlambat, seperti jam tangannya terbuat dari karet dan cuman dipake buat hiasan. Misal, janjinya dateng jam 6 nyampe tapi datengnya jam 9.

Kenapa penulis bilang kalo orang yang ngaret itu egois? karena mereka nggak memikirkan rasanya jadi orang yang nggak ngaret tetapi jadi korban secara mental.


Lebih parahnya lagi, orang Indonesia sering (banget) ngaret pake alasan dan asumsi ngaco dan egois kalo orang lainnya juga sama-sama ngaret. Alasan ini bikin orang lain punya alasan buat ngaret juga dong. Walhasil, jaman sekarang, kalo orang janjian, janjinya dateng 1 sampe 2 jam sebelum waktu yang ditentukan, "biar gak ngaret", padahal malah meleluasakan ngaretnya banyak orang. Jadilah orang yang ngaret lebih banyak daripada yang tidak. Dan jadilah pula, melarnya jadwal, ibarat terbuat dari karet.

Penulis, yang sebisa mungkin untuk nggak ngaret, malah jadi korban. Pernah, janjian dateng mau makan bareng, janjinya berangkat jam 4 (ini aja keknya udah pertanda bakal ngaret), tapi yang laen malah ngalor ngidul gak tau lagi ngurusin apa. Ada yang dandan, ngambil tas, bahkan ada yang sempet sempetnya nonton TV! jam setengah 5! Walhasil berangkat jam 6.

Gara-gara kejadian itu, penulis sempat ngerasa, kayaknya penulis yang harus beradaptasi dengan budaya ngaret ini dan ikut-ikutan. Tapi, nurani penulis mengatakan kalo orang lain egois, dan kamu juga egois, berarti kamu dan dia sama-sama egois. Kalo "sama-sama" egois bukan berarti kalian mengerti satu sama lain, karena itu sebenernya berarti kalian egois plural dan mengesalkan orang lain yang tidak egois. Jadilah penulis mengurungkan niat untuk ikutan ngaret.



Tapi, orang yang tidak egois, diantara orang orang egois, apakah malah membuat orang yang tidak egois itu terlihat egois karena tidak menuruti dan tidak sama dengan orang-orang yang egois? Masukkan ke pikiran kalian sendiri aja.



Bonus

Penulis pikir orang orang yang plagiat, cuman bisa copy-paste-edit-dikit dan ngebajak, juga sama-sama egois. Dan terkadang, penulis juga melakukannya. Jadi, mohon maaf bagi orang orang yang merasa karyanya saya tiru. Bilang aja dan kasih tau, karena saya juga penganut motto "don't be evil".

Btw semua gambar di post ini buatan penulis sendiri loh.. hehe #pamer. Tolong bantuannya yah.

Tidak ada komentar: