Senin, 09 Juli 2012

Ichi-go ichi-e

Tahukah kamu... lewat siapa kah Allah mengabulkan permintaan dan doa mu di dunia ini? Tidak, bukan nabi dan rasul. Tapi orang-orang di sekeliling mu.

Setiap orang yang kau temui, mereka mengisi puzzle-puzzle kehidupan mu. Melengkapi perjalanan hidup mu. Maka ingatlah setiap pertemuan mu. 

Orang bilang, persahabatan, kebersamaan dan solidaritas dibentuk dari kesamaan nasib.

Post ini akan menceritakan pertemuan ane yang singkat dengan gengkal.



How it began

Di suatu siang nan terik bulan Februari, Mama nyuruh ane daftar bimbel. ini hasil perundingan berat dan mati-matian. Hal ini terjadi akibat nilai ane yang hancur lebur di kelas XI dan semester pertama kelas XII. Mufakat yang diterima dari hadil musyawarah kelluarga adalah ane harus mengurangi interaksi dengan gadget atau komputer dan harus mengikuti bimbel. Ikut bimbel, untuk pertama kali, dan mungkin terakhir kali dalam hidup. Menurut perundingan itu, ane berhak menentukan bimbel mana yang ane tuju. Ane pilih NF karena... ehem... alasan tertentu.

Awalnya, Mama menyuruh ane untuk bimbel di NF Akses UI, tetapi ane menolak dengan halus, (lagi-lagi karena alasan tertentu, yaitu menghindari "pergunjingan" ^-^' ) dan menyarankan untuk milih NF Kalisari karena lebih deket ke sekolah. Dan mama menyetujui. Dengan agak malas, ngeboncengin Mama yang besar naik motor matic dengan tangan yang kurus lemas dan menggigil.... -_-, ane ke NF cabang Kalisari. Sesampainya disana disambut sama staff cantik (kak Aeni) dan ane daftar. Mulai hari itu secara resmi ane jadi anak NF...

Hari pertama NF, ane berangkat bareng sama Kidoy yang kebetulan sekelas. Kelas ane adalah PPLS Ipa jadwal Selasa - Rabu. Masuk disana, disambut beberapa teman-teman seperjuangan yang baru ane kenal. Misalnya Adit, Mamad n Dimple, sesama galaners; Pujai, Bella, Hana, Haitsam, Dewi, Ojan, tetangga dari SMAN 98; dan teman-teman lainnya.




Gengkal

Cerita mulai berkembang setelah Ujian Nasional. Sekembalinya dari Tidung, siswa bimbel NF yang PPLS dan Reguler sama-sama dapet Intensif SNMPTN di NF. Hari itu, ane, dan PPLS Senin-Rabu bertemu dengan kelas XII lainnya. Salah satunya adalah gerombolan siswi-siswi berisik yang ternyata di dalamnya ada Anggita (emang takdir kagak bisa jauh sama anak satu ini -_-). Di kelompok PPLS weekend ini banyak siswi dari SMAN (Sesungguhnya Madrasah Aliyah Negeri) 14. Tetangga galan dari barat laut sana, sebuah masjid yang ada sekolahnya.

Pada awalnya, ane, Kidoy dan Mamad itu sebenernya dapet kelas pagi, yang isinya para ikhwan kalem yang serius tapi luwes. Eh, gara-gara sering telat datengnya, kak Aeni mindahin kami ke kelas siang. Di kelas siang ini lah kami jadi sekelas sama akhwat-akhwat PPLS weekend. Gara-gara itu lah kami berinteraksi dengan makhluk-makhluk cantik nan berisik ini. Salah satu dari mereka, Anggita, tentu udah kenal baik. Sering nongol juga di post lain di blog ini.

Pertemanan kami ini walaupun singkat tapi sungguh mengesankan. Alhamdulillah gak cuman numpang kenalan, belajar bareng lalu pergi lagi. Tapi mereka juga mewarnai hidup ane di pertemuan yang lumayan singkat ini. Teman-teman baru ini... Gengkal.

Perjuangan Gengkal belajar dengan penuh semangat gak cuman berakhir sampe SNMPTN, tapi juga berlanjut dengan adanya intensif Simak. Walaupun begitu, kelompok ini walaupun sedikit yang melanjutkan Intensif di NF Kalisari, tapi kami masih tetap bersatu karena ikatan emosi yang terbentuk hasil pergaulan masa Intensif SNMPTN. Persahabatan ini bahkan masih tetap berjalan walaupun ada yang beruntung di SNMPTN Undangan dan terpaksa belajar di luar kota, meninggalkan kami yang harus berjuang di ujian tulis.

Yang menarik dari pertemuan ini adalah kebersamaan kami. Kebersamaan yang rasanya seperti telah dibentuk dari persahabatan bertahun-tahun. Kebersamaan yang larut, hingga berbagi emosi.

Gak cuman belajar bersama, kita juga maen bareng, nonton bareng, curhat dan bahkan ngegosip -_-. Pokoknya rasanya udah kayak temen sekelas bertahun-tahun, padahal sebenernya cuman baru  beberapa bulan. Selesai belajar, ngerumpi, makan siang bareng, main UNO sampe sore sambil ngerumpi, makan malem bareng, ngerumpi lagi. Curcol tentang ribetnya program IPC, shock therapy IPS dan njelimetnya soal Ipa, bahkan sampai ngecengin dan ngomongin mantan pacar gila :O. Ada juga nonton film bareng-bareng. Bioskop NF ini programnya rata-rata film-film romantis Thailand atau Korea yang pemerannya ganteng-ganteng, juga nonton The Legend of Korra, (itu  loh, Avatar part 2) tapi kalo lagi ngaco juga nonton Saw.

Komposisi Gengkal yang memang sudah pas, gak terlalu banyak untuk pecah jadi kelompok baru dan gak terlalu sedikit untuk dibilang eksklusif. Terlebih lagi, dengan channel sesama anak 14, nambah teman baru dari NF sekitar (Hek,Cibubur atau Akses UI).




Yah. Perkenalan dan foto menyusul ya :)
Berikut ini adalah profil para anggota Gengkal yang paling banyak terpapar sama ane bulan ini.




M. Fakhri Ramadan - Sang Ksatria LDR, Aii
@aiiaai

Perkenalkan, temas sebangku kelas X yang menjelma menjadi Ksatria LDR kontingen Bogor - Jakarta. Best wingman, sering niat ngecengin orang tapi bales tercengin karena emang bakat dan takdir untuk dicengin.

Ksatria LDR ini sampe rela balik dari Bogor dan langsung mampir ke NF sebelum pulang ke rumah hanya untuk ketemu sang cem-ceman. Terlebih lagi pasrah aja pas diteriakin akhwat-akhwat kalo lagi keliatan deket sama Qisti.

Perjuangkan belajarmu, nak. Jangan males-malesan di IPB sana :D










Amirah Qisti Utami - Qisut, Suti, Stroberi, Polos
@Stroberistami



Yak, wanita inilah yang membuat Ai rela buang pulsa banyak. Dapet panggilan "polos" pula. Entah kenapa, apapun alasannya, sepertinya hanya Ai yang tau. Wanita yang cukup gila, sadis, sering ngegampar punggung and jambak-jambak ane.

Pemakan porsi besar. Menu apapun pasti dibilang enak (kecuali ulat sagu, yang imut lucu...). Efeknya? Chubby, dan beda berat 20 kg sama salah satu adeknya.

Calon Guru SD yang sering nostalgia, kangen masa SD, dan punya Full House 6 adek. Faktor utama ya? Perjuangkan PGSD-mu, mbak.









Anisah Rahmah- Chibi
@anisahtobacter


Apa ya? Senasib sepenanggungan? Sesama korban?

Yang jelas, kami tertuduh. Entah gimana awalnya tiba-tiba kata Chifath tersebar kemana-mana. Vektor utamanya pastilah kak Riyan dan Ai -_-

Tahukan kawan, kenapa dipanggil Chibi? Ya silakan cek aja nama-nama personil Cherrybelle, nanti juga ngerti. Orang yang pencernaannya lemah tapi kuat makan pedes. Kontradiktif? Oya, chib. Ane ama Qisti emang sering ngegosipin panjenengan. Maaf ya :)

Perjuangkan terus mimpi-mu :)








Anggita Mustika Dewi - Gitlay
@anggitaemde


Erm... perlu diingat, atas permintaan pemilik wajah, foto yang bersangkutan saya sensor untuk menghargai privasi pemilik wajah. Saya melakukan ini (harusnya) tanpa paksaan, ancaman ataupun tinju di hadapan saya.

Bocah yang benar-benar bocah ini sesama anggota Sigma di Galan. Seperti yang sudah ane ceritakan sebelumnya, anak ini benar-benar bocah.

Namun, orang inilah yang menghubungkan ane dengan Gengkal. Terima kasih atas intervensi nasib-nya, nak. Jangan pecicilan di UGM sana. Semoga bisa masak dan tahan sama "makanan kampung". Semoga jadi lawyer yang baik.

*tari ulaaaar ~ (^o^) ~






Finaafrisia - Fina, Lemon
@lemonafrisia

Salah satu anggota geng buahnya Qisti. Anak Kalisari yang terdampar di 14. Tetangga dekat Aii.

Suaranya melengking high-pitch kayak kelelawar gitu -_-. Atau mungkin itu sonar ultrasonik buat pengganti ngeliat benda yang ada di depan, supaya melihatnya gak sambil mata terbuka lebar? o_0 Siapa tau...

 Serupa sama Qisti yang punya full house, banyak anak di rumahnya. Akankah jadi guru juga? Tidak. Tapi, nanti bergaulnya sama cagur-cagur di UNJ sana.

Sepertinya emang gak bisa lepas sama Qisti. Teman sejati, teman sejati, selamanya... *kaitkan kelingking*







Dwia Pungky Arumdani - Pungky
@pungkyaya
Pertama ketemu Pungky itu pas bareng Anggita (waktu itu mereka masih kelas PPLS weekend) numpang belajar di kelasnya PPLS Selasa-Kamis.

Wanita yang sangat rentan galau. Dan sepertinya dulu pernah ngebolang dan nomaden berdua bareng Chibi sampe akhirnya terdampar di NF Kalisari.

Dan yang ane maksud rentan galau adalah... ya... rentan galau. Sampe-sampe sering nelpon si Anggita dan Qisti. Dan sampe-sampe mereka bikin gerakan tari ular ~ (^o^) ~ dari kegalauannya Pungky... Jangan galau terus ya pungk.
Jadilah wanita yang mandiri di IPB sana :) Ilkom itu tidak susah kok. Future female programmer?







Intan Permatasari - Intan
@intangen
Apa ya? Agak sulit mendekripsikannya. yang jelas kelihatannya baik-baik aja dan bisa dimintain pendapat. Sepertinya jadi kantong curhat akhwat gengkal. Tapi, sepertinya juga, rentan galau. Pasti galauin ksatria LDR yang nun jauh di lintas Jawa sana.

Sampe-sampe sering digodain... "awas, nanti yang di wallpaper hape keluar loh!"

Perjuangkan pendidikanmu, tan. Jadilah dokter yang mengabdi pada masyarakat.

Romansa Sumatera-Jogja, Hiraukan batas LDR!











Siti Shafira Fitri Khumaira - Fira
@Shfiraaa
Istilahnya sih... makhluk halus. Makhluk yang sepertinya sangat rentan bagai barang pecah belah. Takutnya kalo ngeluarin suara volume tinggi dikit bisa langsung rusak (oke, ini lebay).

Kabarnya, wanita ini kalo marah, gak kentara marahnya. :O
Hmm... berarti tipe orang yang silent but deadly.

Oiya, sering keliatan bareng bang Io. xD















Ferly Apriliadita - Mper
@ferlydae
Anggota gengkal yang rumahnya jaauuhh.... Rela menempuh Cileungsi-Kalisari. Pantas pas Intensif Simak jarang keliatan di Kalisari. Sabar yak

Sepertinya  profesi dambaannya jadi WAGs loh :O Mulia ya?

Fans berat sepak bola internasional, dan para cogan-macho yang terlibat di dalamnya. Terlebih lagi kalo pemain itu muslim B) (wah kedengerannya rasis ye?)






Dwi Aji Sentosa - Aji
@dwiaji
Ikhwan lainnya. Dari kontingen Rohis 14 dan NF Hek. Sesungguhnya terpaksa berurusan dengan Gengkal karena masalah para akhwat Gengkal yang suka ngutang bayar pulsa. Maklum lah, Aji emang dealer.

Ini ikhwan pasti sabar banget diteriakin gengkal tiap hari. Dan sabar juga nagih utangnya. :)
















Dan kakak staf, pengajar serta yang lain-lain yang tak muat untuk ane deskripsikan satu-satu.

Itulah profil singkat mereka. Kalo penasaran kenalan aja. :)



Perlu dicatat, rasanya nulis post ini tuh bagaikan sambil motong bawang merah, ngunyah sambal goyang lidah, dan ngemut permen gula sekaligus. :') Teringat kalo akan berpisah dengan teman-teman yang bagai SIGMA kedua ini.

8 komentar:

Finaafrisia mengatakan...

won't be fair if I don't leave a word here (?)

Suaranya melengking high-pitch kayak kelelawar gitu

ow..kay...

Finaafrisia mengatakan...

eh ! one more thing!
my name is FINAAFRISIA not Fina Afrisia -___-;;

Unknown mengatakan...

Nah Na. Ongkray, no worry dongkray.

See? I changed it. Happy now? -_-

Anonim mengatakan...

ERFAAAAATH!!!! terharu banget bacanya sumpah gak boong!! :')
gue juga heran kenapa kita semua bisa jadi sedeket ini dalam waktu yang cukup sebentar.. Dan kalian semua gak akan pernah gue lupakan sampai kapanpun juga *EAAAEAAA*
Dan meskipun kita sekarang udah mencar sampe entah kemana, yang pentng ikatan diantara kita semua jangan sampai putus. sukses untuk kita semua yang akan berjuang di kampus impian masing X)
I LOVE GENGKAL XD

Anonim mengatakan...

Hahahah, soliiid abis

Anonim mengatakan...

sediiiiiih fath :( walaupun udah baca untuk kedua kalinya tetep aja melooooow :'( kangen pake bangeeeeeeeet masamasa indah GENGKAL {} kapan ya bisa kaya dulu lagi walaupun cuma sehari pengen banget mendeklarasikan sehari bersama GENGKAL, ~mungkinsuatuharinanti

Unknown mengatakan...

siapa ini anonimnya? hahaha

kapan ya? liburan akhir tahun ini juga bisa. semoga

Anonim mengatakan...

aaaaa kgn