Kamis, 07 Juli 2011

Legend

Legend, taukah benda apa yang penulis maksud di sini?



Ya, AK-47, senjata palling terkenal di dunia, senjata jutaan umat di era modern.

AK-47, adalah hasil upaya Uni Sovyet (tau kan, sebuah negara di utara sana yang sekarang sudah terpecah belah) untuk membuat sebuah senjata baru. Senjata yang bisa memuat banyak peluru dan menghujani lawan dengan peluru tapi tenaganya lumayan kuat. Senjata ini didesain oleh suhu Mikhail Kalashnikov (hence the name AK, Avtomat Kalashnikova, Kalashnikov's Automatic thingy) setelah perang dunia 2 (47 artinya 1947).
AK-47, the Legend
Pada dasarnya AK47, adalah senjata pelopor. Karena, setelah senjata ini diproduksi oleh Uni Sovyet, semua negara di seluruh dunia (khususnya Amerika) mulai ikut-ikutan membuat senjata yang berkonsep sama, keceptan pistol mitraliur (submachinegun) dengan peluru gede tapi lebih ringan dari senapan mesin (Machinegun) dan dinamai dengan sebutan senapan serbu (Assault Rifle).

Sekarang, AK47 sudah tidak diproduksi di Uni Sovyet (Russia), tapi masih diproduksi di belahan dunia yang lain. Jumlah AK-47 yang diproduksi? Yang jelas banyak (diatas 70 juta, belum termasuk AK yang lain)



Banyak AK! Dan Variannya!

Kalo di game-game dan film, tentara Russia dan teroris hampir dipastikan selalu membawa senapan ini, dengan popor kayu, dan besi hitam khasnya. Padahal, tentara Russia sendiri sudah tidak memakai AK47, melainkan AK74M, yang warnanya hitam dari depan ke belakang, dan pakai polimer. Wak, sebenarnya paragraf ini tidak nyambung dengan post ini seluruhnya tapi ini cuman unek-unek penulis tentang betapa tidak realistisnya film dan game saat ini, ckck.

AK74M yang jadi senjata standar infantri Federasi Russia.
Tapi, tetap saja, AK47 adalah legenda yang tak terlupakan, di sejarah manusia sebagai salah satu senjata paling legendaris, dan paling berpengaruh (serta paling banyak diproduksi) di dunia persenjataan militer.



Singkatnya...
Nama               : Автомат Калашникова
Jenis                 : Senapan Serbu (Assault Rifle)
Asal                 : Uni Sovyet
Makanan          : 7.62x39mm
Berat                : 4.3 kg
Jarak efektif      : 300 – 400m
Yak itulah review secara singkat dan asal-asalan tentang sang legenda.


Tidak ada komentar: